5 Hal yang Perlu Diketahui Tentang Menstruasi

5 Hal yang Perlu Diketahui Tentang Menstruasi

Setiap wanita pastinya akan mengalami sebuah proses yang dinamakan menstruasi. Proses ini merupakan proses alami yang terjadi bukan tanpa sebab. Pada umumnya, wanita akan mendapat menstruasi pertama mereka pada rentang usia 11 hingga 18 tahun.

Namun, ada juga yang lebih cepat arau bahkan lebih lama dari hal tersebut. Hal ini karena masa menstruasi pada setiap wanita amatlah beragam. Begitu pula dengan siklus menstruasi wanita. Siklus menstruasi ini sendiri biasanya berkisar antara 28 hingga 30 hari.

5 Hal yang Perlu Diketahui Tentang Menstruasi

Proses unik ini sendiri adalah proses dimana luruhnya sel telur di dalam rahim karena tidak dibuahi yang disertai dengan pendarahan. Pendarahan yang keluar tersebut adalah menstruasi. Apabila terjadi pembuahan di dalam rahim, maka proses ini akan berhenti.

Proses menstruasi merupakan proses yang hanya akan berhenti pada momen khusus saja. Salah satunya adalah pada wanita hamil. Wanita hamil tidak akan mengalami menstruasi. Namun, setelah masa melahirkan dan masa nifas lewat, maka seorang wanita akan kembali mengalami menstruasi.

Selain itu, pada saat seorang wanita memasuki rentang usia 45 hingga 66 tahun, maka seorang wanita akan memasuki sebuah masa yang disebit sebagai menopause. Ketika masa ini tercapai, maka proses menstruasi ini akan berhenti seumur hidup.

Ada 5 hal yang perlu diketahui tentang menstruasi, khususnya bagi anda seorang wanita. Kebanyakan wanita sendiri tidak mengetahui poin-poin penting mengenai proses ini. Oleh karena itu, simaklah 5 hal yang perlu diketahui tentang menstruasi yang akan disajikan berikut ini.

Salah satu dari 5 hal yang perlu diketahui tentang menstruasi adalah munculnya jerawat pada setiap kali menjelang menstruasi. Mungkin sebagian wanita mengalami hal ini dan sebagian lagi tidak.

Terbentuknya jerawat ini sebenarnya terjadi karena adanya perubahan hormonal. Banyak sekali wanita yang terganggu karena hal ini dan sering kali muncul pertanyaan normalkah hal ini ?

Perubahan hormonal ini sendiri memicu kerja kelenjar keringat pada kulit, sehingga kadar minyak menjadi meningkat. Minyak yang menumpuk ditambah dengan kotoran dan sel kulit mati pada kulit wajah akan menyumbat pori-pori, sehingga terbentuklah jerawat.

Namun, anda tidak perlu khawatir karena jerawat ini biasanya akan hilang saat menstruasi selesai. Untuk mencegah munculnya jerawat, sebaiknya anda selalu membersihkan wajah anda dengan sabun yang sesuai dengan jenis kulit dan kurangi juga makanan yang dapat memicu jerawat, misalnya kacang-kacangan, coklat atau makanan yang manis.

Setiap wanita tentunya mempunyai siklus menstruasi yang berbeda-beda. Namun, siklus ini juga bisa mengalami gangguan. Ketidakteraturan menstruasi yang terjadi ini sebenarnya bisa disebabkan karena gangguan hormonal dalam tubuh.

Selain itu, stress juga sangat berpengaruh penting dalam kematangan sel telur. Selain masalah hormonal atau stress, diet ketat juga perlu diwaspadai atau terjadinya infeksi. Oleh karena itu, sebaiknya anda berkonsultasi pada dokter.

PMS merupakan gangguan sebelum menstruasi yang terjadi 7 atau 10 hari sebelum menstruasi. PMS merupakan sesuatu yang normal dialami oleh wanita. Tanda-tanda PMS ini juga sangat beragam, misalnya terjadinya perubahan emosi, sakit kepala, nyeri pinggang, kram perut, migraine dan lainnya.

Pada beberapa kasus seorang wanita juga bisa merasakan rasa sakit yang amat sangat, bahkan beberapa di antara mereka tidak bisa bangun dari tempat tidurnya sendiri. Jadi, sebaiknya anda selalu menyediakan pain killer atau obat-obatan lain.

Salah satu 5 hal yang perlu diketahui tentang menstruasi adalah mengenai kesuburan. Menstruasi yang tidak teratur amatlah mempengaruhi kesuburan seorang wanita. Namun, tidak semua masalah infertilitas dipengaruhi oleh kesuburan ini.

Siklus menstruasi normal pada wanita adalah berkisar 21 sampai 35 hari. Apabila anda sering mengalami keterlambatan, sebaiknya anda segera memeriksakan diri.

Pada umumnya, setelah melewati masa nifas wanita akan kembali mendapat menstruasi nya. Namun, tidak ada batasan yang jelas kapan hal tersebut akan terjadi. Hal ini sebenarnya sangatlah dipengaruhi oleh kadar hormon prolaktin dalam tubuh. apabila kadar hormon ini tinggi, maka seorang wanita tidak akan mengalami menstruasi.

5 Hal yang Perlu Diketahui Tentang Menstruasi

Leave a Reply