Macam Macam Makanan Berkalsium ” Mudah Di Temukan “

Macam Macam Makanan Berkalsium

Macam Macam Makanan Berkalsium – Makanan merupakan salah satu konsumsi yang membuat kita mencukupi kadar serta kandungan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. Oleh karena itu makan merupakan salah satu cara kita menjaga  kesehatan,namun makan yang di maksud disini adalah makanan yang sehat dan bergizi bagi kita.

Macam Macam Makanan Berkalsium

Salah satu vitamin yang dibutuhkan oleh kita adalah kalsium, kalsium memiliki berbagai macam manfaat bagi tubuh kita. Berikut macam macam makanan berkalsium akan dijabarkan.

Sebelum kita tahu macammacam makanan berkalsium kita harus tahu apakah itu kalsium. Kalsium merupakan zat yang berguna bagi perkembbangan tulang serta gigi kita.

Berikut macam macam makanan berkalsium

1. Sayuran hijau

Sayuran berdaun hijau  merupakan sayuran yang mengandung banyak kalsium, Sayuran hijau tua, seperti bayam, mengandung kalsium dan vitamin serta mineral yang penting bagi kesehatan tubuh kita.

Apalagi jika kita dapat mengkonsumsi bayam dengan membuatnya menjadi Salad bayam selain akan menjadi enak dengan memberikan salad bayam ini tubuh anda sehat karena bayam yang merupakan sayuran hijau ini dapat meningkatkan kalsium yang dibutuhkan.

Sayuran yang memiliki warna hijau gelap seperti bayam ini mempunyai kandungan kalsium, vitamin dan mineral yang dapat melengkapi nutrisi anda.

2. Sereal

Sereal merupakan salah satu produk jadi yang memiliki kandungan kalsium serta minerl yang berperan dalam proses pertumbuhan serta perkembangan baik tubuh maupun otak.

Walaupun sereal merupakan barang yang tercipta karena hasil produksi kandungannya tidak diragukan lagi.

3. Jeruk

Selalin memiliki vitamin C Jeruk juga kaya  akan kalsium. Karena itu dia termasuk kedalam macam macam makanan berkalsium.

4.   Almond

Kacang almod yang sangat baikdi konsumsi sebagai cemilan ini mengandung vitamin E dan kalsium

5. Kacang Merah

6. Kacang pinto

Kacang ini kaya akan protein, serat, dan kalsium. Kacang pinto merupakan cara yang baik dan ekonomis untuk membuat makanan sehat.

Berikut langkah langkah untuk memenuhi kadar kalsium dalam tubuh :

– konsumsi susu secara rutin

Susu merupakan bahan makanan yang mengandung sumber kalsium terbesar oleh karena itu jangan lupa mengkonsumsi susu. Namun jika anda kurang menyukai susu anda dapat memilih untukmengkonsumsi olehannya sajayaitu :
Namun tetapkontrol asupan anda dalam jumlah normal

–  Camilan

anda boleh mengkonsumsi cemilan yang memiliki kalsium antara 200-300 mg per gelasnya. Bisa saja cemilan tersebut seperti :

– Puding

–  cake

– desert lainnya

3. inovasi makanan utama

makanan utama juga bisa menjadi sumber kalsium jika dicampurdengan bahan seperti keju. Contoh masakannya yaitu keju mozzarella, ricotta, dan parmesan.

4. Kalsium tambahan

5. Makanan hijau

6. Kombinasikan pil suplemen

7. Padukan makanan dengan vitamin D

8. Kurangi konsumsi kopi

9. Hati-hati dengan diet tinggi protein

Cara mengatur kadar kalsium dalam tubuh :

Minum berlebihan dan olahraga berat dapat membuang banyak kalsium dan magnesium dari tubuh. Maka dari itu konsumsikan kalsium serta magnesium ini sesuai dengan kebutuhan.

Berikut adalah beberapa porsi makanan dan kandungan kalsiumnya atau macam macam makanan berkalsium :

  • Susu satu cangkir mengandung kalsium sebesar 350 mg
  • Segelas jus jeruk mengandung kalsium sebesar 290 mg
  • Satu kerat keju mengandung kalsium sebesar 200 – 250 mg
  • Sepotong pizza mengandung kalsium sebesar 230 mg
  • Sekaleng sarden mengandung kalsium sebesar 185 mg
  • Setangkup es krim mengandung kalsium sebesar 90 mg
  • Secangkir brokoli mengandung kalsium sebesar 76 mg
  • Sepotong besar tahu/tempe mengandung kalsium sebesar 258 mg

Jika macam macam makanan berkalsium kurang  dikonsumsi maka yang akan terjadi adalah
–          Nyeri otot tulang
–          Keropos tulang/osteoporosis
–          sistimKekebalan tubuh berkurang
–          daya ingat berkurang
–          Ganguan dalam jantung

Akibat kekurangan kalsium dapat menimbulkan bebrapa penyakit. Maka dari itu mulailah menkonsumsi kalsium demi menjaga tubuh anda dari penyakit. Anda dapat memperoleh kalsium dari macamacam makanan berkalsium seperti susu, sayuran hijau seperti bayam, brokoli dam sawi, ikan teri kering udang kering, tahu kacang-kancangan, salmon, sardine semua makanan itu merupakan makanan yang mengandung kalsium yang berguna bagi tubuh kita.

www.informasikesehatan.my.id

Macam Macam Makanan Berkalsium

2 Comments

  1. daud
  2. daud

Leave a Reply