Manfaat Susu Kedelai Untuk Kanker

Manfaat Susu Kedelai Untuk Kanker

Kedelai merupakan salah satu tanaman dalam keluarga kacang-kacangan dan memiliki tingkatan nutrisi sangat tinggi terutama protein nabatinya.

Kedelai telah menjadi sumber protein yang penting sejak zaman nenek moyang kita. Selain bernutrisi tinggi, kedelai merupakan sumber minyak nabati yang kaya akan protein lengkap, karbohidrat, serat, lemak sehat, dan sejumlah vitamin serta mineral yang memiliki peran penting untuk kesehatan.

Baca juga: Manfaat Mandi Sebelum Subuh Untuk Wajah

Menurut penelitian, di dalam satu biji kedelai terkandung sejumlah besar asam fitat, asam alfa-Linolenat, isoflavon genistein dan daidzein.

Baca juga: Bolehkah Ibu Hamil Minum Rebusan Kulit Manggis

Banyak peneliti menemukan kedelai adalah salah satu sumber makanan yang mampu mencegah kanker, khususnya kanker payudara.

Baca juga: Manfaat Buah Bit Untuk Kesuburan

Bukan hanya sebagai sumber nutrisi saja, riset membuktikan kedelai bisa menjadi pencegah kanker.

Baca juga: Manfaat Buah Matoa Untuk Anak

Mengapa demikian? Ternyata kedelai mengandung senyawa bernama isoflavon yang berperan sebagai estrogen ketika berada di dalam tubuh.

Berdasarkan penelitian terhadap isoflavon yang ada pada kedelai justru memiliki pengaruh baik untuk tubuh selama di konsumsi dalam jumlah yang tepat. Di tahun 2008, The British Journal of Cancer menemukan fakta bahwa wanita Asia yang mengkonsumsi kedelai atau makanan yang berbahan dasar kedelai seperti tahu, tempe ataupun susu kedelai setiap hari memiliki resiko terkena kanker payudara lebih kecil dibandingkan dengan mereka yang tidak mengkonsumsinya.

Sedangkan...

Di tahun 2009, American Journal of Clinical Nutrition juga mengadakan penelitian terhadap sekitar 74.000 wanita di Cina yang berusia 40 hingga 70 tahun. Para wanita yang mengkonsumsi kedelai setiap hari dalam kecenderungan terkena kanker payudara lebih kecil. Apalagi di masa premenopouse, jika dibandingkan dengan mereka yang tidak mengkonsumsi kedelai sama sekali.

Laporan yang dimuat dalam Journal of The American Medical Association tahun 2009, para ilmuwan meneliti 5.042 orang yang mengikuti Shanghai Breast Cancer Survival Study. Ternyata konsumsi kedelai secara rutin dengan yang sesuai justru menurunkan risiko kekambuhan dan kematian akibat kanker payudara.

Di dunia terdapat setidaknya 12.000 spesies kacang-kacangan. Dan diantara semua jenis kacang-kacangan tersebut, kedelailah yang paling populer. Nutrisi di dalamnyalah yang membuat kedelai terkenal hingga seluruh dunia.

Karena alasan itulah, anda tak perlu lagi khawatir ketika kengonsumsi kedelai. Apalagi, kedelai utuh mengandung 35-40% protein. Protein dalam kedelai merupakan satu-satunya dari jenis kacang yang mempunyai susunan asam amino esensial paling lengkap.

Belum ada Komentar untuk "Manfaat Susu Kedelai Untuk Kanker"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel