Manfaat Terong Ungu Untuk Ibu Hamil

Manfaat Terong Ungu Untuk Ibu Hamil

Selama masa kehamilan berlangsung, mungkin dari kalian bertanya-tanya, mana buah atau sayur yang aman untuk dimakan, salah satunya terong.

Meski ada beberapa orang yang bilang kalau ibu hamil sebaiknya tidak makan terong. Sebenarnya anggapan itu sah-sah saja.

Namun beberapa ahli justru sebaliknya, seperti dilansir dari Livestrong.com, seorang ahli gizi dan penulis buku berjudul The 100 Healthiest Foods to Eat During Pregnancy, merekomendasikan ibu hamil makan terong.

Hasil penelitian terong memiliki banyak gizi serta dapat memberikan banyak manfaat untuk kesehatan bumil beserta janin.

Bagi kamu yang penasaran akan manfaatnya, langsung saja simak informasinya di bawah ini.

1. Menjaga bayi dari kondisi cacat lahir

Jika ibu hamil rutin makan terong dengan takaran yang pas, hal itu justru akan menurunkan risiko bayi lahir cacat. Ya, pasalnya terong salah satu makanan sumber asam folat yang dibutuhkan oleh ibu hamil.

Selain asam folat, terong juga kaya akan vitamin C, niacin, vitamin B kompleks, vitamin A, vitamin E, kalium, tembaga, mangan, dan zat besi yang menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh sehingga sang ibu akan terhindar dari dehidrasi.

Baca juga: Manfaat Terong Ungu Untuk Pengobatan

2. Mengurangi risiko diabetes gestasional

Ada gangguan kadar gula darah yang secara khusus terjadi hanya pada wanita hamil, yaitu diabetes gestasional. Sebaiknya, ibu hamil menjaga asupan makanan agar terhindar dari penyakit diabetes ini. Solusi paling midahbdan tepat dilakukan adalah dengan menambahkan buah terong dalam menu harian bunda, sebab dapat membantu tubuh mengatur lonjakan gula darah yang tidak terkontrol.

Baca juga: Manfaat Kacang Kedelai Rebus Untuk Ibu Hamil

3. Mengatasi sembelit dan gangguan pencernaan lainnya

Kandungan nutrisi yang terdapat dalam buah terong akan membantu sistem pencernaan dalam mengolah makanan.
Dalam satu buah terong terdapat sekitar 4,9 gram serat. Fungsi utama serat yaitu dapat membuat gerakan usus lebih lancar dan baik, sehingga mencegah sembelit saat masa kehamilan.

Baca juga: Manfaat Susu Kedelai Untuk Payudara

4. Meningkatkan daya tahan tubuh


Manfaat terong tidak hanya didapat dari dagingnya saja, melainkan kulit terong juga mengandung nasunin dan anthochyanin. Zat tersebut bersifat antioksidan yang membantu tubuh untuk menangkal radikal bebas dan mencegah risiko kerusakan sel atau DNA selama kehamilan. Selain itu, nasunin dapat minimalisir terjadi gangguan kognitif ketika bayi dilahirkan.

Bahkan hampir semua dokter sepakat, selama kehamilan ibu harus meningkatkan daya tahan tubuhnya. Dengan makan terong bisa menjadi solusinya.

Baca juga: Manfaat Susu Kedelai Untuk Kanker

5. Mengurangi kadar kolesterol jahat

Kolestreol yang terdapat dalam makanan, ada yang bersifat jahat dan baik. Terong menjadi salah satu makanan yang memiliki kandungan kolesterol baik (HDL) sangat tinggi sehingga akan membantu mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) di dalam tubuh.

6. Menurunkan tekanan darah tinggi

Selain diabates gestasional, ibu hamil juga sangat rentan mengalami hipertensi (darah tinggi) secara tiba-tiba. Bila Bunda memiliki riwayat ini, maka terong bisa membantu mengendalikan tekanan darah agar tetap normal.

Hal itu dikarenakan, adanya kandungan bioflavoniod dalam terong mampu menurunkan tekanan darah tinggi, meningkatkan kesehatan jantung, serta mencegah risiko terjadinya komplikasi kesehatan selama kehamilan.

Sekian...

Belum ada Komentar untuk "Manfaat Terong Ungu Untuk Ibu Hamil "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel