Manfaat Terong Ungu Untuk Pengobatan

Manfaat Terong Ungu Untuk Pengobatan

Terong merupakan bahan masakan serbaguna, sebab dapat diolah menjadi bermacam-macam masakan, mulai dari disayur, digoreng, hingga dijadikan sambal. 

Namun, tahukah Anda bahwa terong ternyata menawarkan berbagai macam khasiat baik untuk kesehatan jika dikonsumsi secara rutin.

Sebab didalam terong terdapat beragam nutrisi antaralain: air, protein, lemak, karbohidrat, kalori, serat kasar, kalsium, besi, fosfor, karotin, vitamin B1, B2, C dan vitamin P, asam nikotinat, dan lain-lain.

Bagi kamu yang penasaran akan manfaatnya, langsung saja simak informasinya di bawah ini.

1. Menjaga kesehatan jantung

Kandungan serat, kalium, vitamin C, vitamin B6, dan fitonutrien dalam terong membuatnya begitu bermanfaat bagi kesehatan jantung Anda. Selain itu, flavonoid atau pigmen larut air pada terong juga bisa mencegah berbagai jenis penyakit jantung. 

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam The American Journal of Clinical Nutrition pada 2012, salah satu jenis flavonoid yang ampuh untuk melindungi jantung adalah antosianin.


2. Mengendalikan kadar kolesterol

Sebuah studi yang dilakukan oleh peneliti di Brazil menunjukkan bahwa rutin mengonsumsi terong bisa membantu Anda mengendalikan kadar kolesterol dalam tubuh. 

Bahkan, tim peneliti di Departemen Pertanian Amerika Serikat juga menemukan bahwa terong kaya akan senyawa asam klorogenat. Dan senyawa ini terbukti dapat menurunkan berat badan serta kadar kolesterol jahat atau LDL (lipoprotein densitas rendah).

Selain mampu menurunkan kadar kolesterol jahat, kandungan asam klorogenat pada terong juga berfungsi sebagai antivirus, antimikroba, dan antikarsinogen. Sehingga ketika Anda mengkonsumsinya akan terhindar dari berbagai penyakit berbahaya lainnya jika rutin makan terong.


3. Meningkatkan fungsi otak

Manfaat lain dari terong bisa didapat dari kulitnya. Kulit terong juga kaya akan nasunin, yaitu zat antioksidan yang baik untuk kesehatan otak. Nutrisi baik lainnya dalam terong untuk otak Anda adalah antosianin.

Menurut sebuah penelitian dalam The British Journal of Nutrition pada 2010, zat pigmen tersebut bertanggung jawab untuk memicu peredaran darah menuju otak serta mencegah peradangan saraf otak. Hal ini bisa mencegah timbulnya berbagai penyakit dan gangguan fungsi kognitif otak yang disebabkan oleh proses penuaan. 

Dan daya ingat akan jadi semakin kuat kalau Anda rutin makan terong.


4. Mencegah kanker

Belum banyak yang tahu, kalau terong juga dapat mencegah munculnya kanker. Hal itu dikarenakan, terong kaya akan polifenol, antosianin, dan asam klorogenat. Zat-zat tersebut sangat baik dalam menekan pertumbuhan tumor serta menghentikan penyebaran sel kanker di dalam tubuh Anda. 


5. Melembutkan kulit

Tak disangka-sangka, ternyata terong juga bisa jadi mengatasi permasalahan kulit kusam dan kering. Sebab, buah ini kaya akan antioksidan dan terdiri dari kira-kira 92 persen air. Maka, mengonsumsi terong bisa membantu melembapkan dan menutrisi kulit Anda dari dalam. 
Sekian...

Belum ada Komentar untuk "Manfaat Terong Ungu Untuk Pengobatan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel