5 Pekerjaan Sampingan Ibu Rumah Tangga Yang Menghasilkan Uang


Kerja sampingan yang dapat dijalankan di dalam rumah, tentu saja sangat bermanfaat dan di inginkan oleh setiap ibu rumah tangga, guna meningkatkan produktif, sekaligus mencurahkan kreatifitas dan kemampuan yang mereka miliki.

Dengan begitu, akan membuat para ibu rumah tangga menjadi lebih bahagia, apalagi pekerjaan sampingan tersebut memang sesuai dengan minat dan bakat mereka.

Paling bagus, kerja sampingan adalah dimulai dari hobi, meski dapat menghasilkan tambahan uang jajan tentu saja akan membuat nyaman dan bahagia.

Ada banyak sekali jenis pekerjaan sampingan, namun sebaiknya anda memilih satu yang paling tepat. Kenapa disarankan cukup 1 saja, ini alasannya.

Ada kasus seorang ibu-ibu yang membuka banyak usaha, dan akhirnya gagal untuk fokus. Sebab dalam menjalankan bisnis atau usaha diperlukan modal uang, modal tenaga, modal pikiran dan modal waktu.

Meski niat awal ingin menambah pemasukan dalam segi finansial, akibat kurang fokus berakhir kegagalan, yang malah jadi nambah pengeluaran membengkak.

Jenis-jenis penghasilan

Sebelum Anda benar-benar terjebak dalam kondisi diatas, alangkah baiknya bila anda mengenali 3 jenis penghasilan berikut:

  • Penghasilan Aktif : penghasilan yang didapat karena seseorang bekerja, menukarkan waktu, keringat, pikiran, uang dan terkadang perasaan untuk menghasilkan uang.
  • Penghasilan Investasi : penghasilan yang didapat karena seseorang menggunakan uangnya untuk menghasilkan uang.
  • Penghasilan Pasif : penghasilan yang didapat karena aset Anda bekerja menghasilkan uang.

Macam-macam pekerjaan sampingan yang cocok untuk ibu rumah tangga

Kebanyakan ibu rumah tangga mencari pekerjaan yang dapat memberikan penghasilan aktif. Berikut beberapa pilihan kerja sampingan yang bisa dijadikan sebagai sumber penghasilan tambahan bagi ibu rumah tangga:

1. Katering

Katering menjadi salah satu pekerjaan paling tepat dilakukan oleh ibu rumah tangga yang memiliki hobi memasak dan senang bereksperimen di dapur dengan resep pilihan.

Bisnis katering ini juga menjadi salah satu jenis bisnis paling ramai, sebab hampir setiap orang membutuhkan layanan tersebut khususnya pada saat mengadakan acara. Dengan menyediakan berbagai pilihan makanan yang disukai oleh banyak orang, akan membuat usaha ini dapat berjalan dengan lancar dan berumur panjang.

Kabar baik, usaha katering ini dapat anda mulai dari skala kecil, yakni dengan menawarkan dan memenuhi kebutuhan orang-orang terdekat, seperti: tetangga, teman, keluarga, sahabat. Jika teris mendapatkan respon positif, secara tidak langsung usaha katering anda akan dikenal banyak orang melalui rujukan orang-orang terdekat tadi.

2. Penulis atau Freelance Online

Setiap orang, tak terkecuali ibu rumah tangga pastinya memengang Smartphone.  Apa salahnya bila menjadikan Smartphone yang dimiliki sebagai sarana untuk menghasilkan pundi-pundi rupiah, yaitu dengan menjadi penulis atau Freelance Online. Anda bisa menggunakan beberapa website seperti projects.co.id dan sribulancer.com atau di grup Facebook, untuk mendapatkan pekerjaan sebagai penulis freelance.

3. Berkebun

Ternyata berkebun menjadi salah satu usaha sampingan yang cukup menjanjikan loh. Jika anda terkendala dengan lahan, anda bisa bertanam menggunakan sistem hidroponik. Sebab saat ini, sayuran dan buah organik sangat digemari oleh masyarakat.

4. Kerajinan Tangan

Meski kerajinan tangan menjadi salah satu usaha sampingan, namun peluang usaha ini memerlukan keahlian khusus. Namun dengan bantuan YouTube anda dapat membuatnya dengan mudah. Untuk menjual hasil hasil dari kerajinan tangan anda, kamu bisa memanfaatkan media sosial dalam mempromosikannya.

5. Investasi Emas

Jika and sudah memiliki sedikit tabungan, anda bisa mencoba melakukan investasi emas atau logam mulia. Sebab, pada kondisi tertentu, harga emas naik berlipat-lipat. Beberapa pakar ekonomi menyebutkan bahwa investasi emas adalah investasi paling bagus.

Sekian..

Belum ada Komentar untuk "5 Pekerjaan Sampingan Ibu Rumah Tangga Yang Menghasilkan Uang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel