Beberapa Hal yang Sering Dianggap Sulit dalam Proses Perawatan Bayi Baru Lahir


Dalam perawatan bayi baru lahir sangat diperlukan ketelatenan dan kehati-hatian. Sebagian orang tua, terutama mereka yang baru pertama kali memiliki momongan, merasa kalau merawat bayi yang baru lahir merupakan suatu tantangan tersendiri.

Bahkan ada beberapa hal yang dianggap sulit untuk dilakukan. Sebenarnya jika Anda mau belajar, bukan tidak mungkin hal-hal tersebut dapat Anda lakukan dengan mudah. Berikut adalah beberapa hal yang sering dianggap sulit dalam proses perawatan bayi baru lahir:

Menjaga Keamanan Bayi

Hal pertama yang dianggap sulit untuk dilakukan dalam proses perawatan bayi baru lahir adalah menjaga keamanan bayi. Keamanan yang dimaksud di sini adalah seperti pada saat menggendong bayi dan juga pada saat bermain dengan bayi. Terkadang orang tua yang baru pertama kali memiliki buah hati merasa hal-hal tesebut cukup sulit dilakukan karena jika sampai salah langkah, bisa-bisa terjadi masalah.

Dalam menjaga keamanan bayi saat berada di gendongan, sebaiknya orang tua harus melakukannya dengan hati-hati. Perhatikan dengan benar cara Anda dalam memegang kepala dan leher bayi. Jangan pernah mengguncang-guncang tubuh bayi saat berada di gendongan karena dikhawatirkan akan terjadi pendarahan pada otak.

Untuk bayi yang baru lahir, sebaiknya Anda tak perlu sering-sering mengangkat atau  menggendongnya. Tempurung kepala bayi yang memang masih lemah sangat rentan terhadap guncangan. Bahkan ada kasus  bayi mengalami gejala gegar otak hanya karena sering diguncang-guncangkan saat berada di gendongan.
Saat bermain dengan bayi, Anda juga harus tetap hati-hati. Jangan biarkan bayi bermain dengan menggunakan benda-benda yang dapat melukai tubuh, khususnya bagian kepalanya. Jangan menggoyang-goyangkan tubuh bayi di lutut Anda ketika bermain karena hal itu sangat berbahaya.

Memandikan Bayi

Memandikan bayi juga merupakan hal yang dianggap sulit untuk dilakukan. Banyak orang tua yang merasa takut untuk memandikan si buah hati yang baru lahir. Hal yang paling sulit adalah memandikan bayi tanpa mengenai tali pusar yang belum benar-benar lepas.
Untuk memandikan bayi yang tali pusarnya belum benar-benar putus, Anda tak perlu memandikannya di dalam bak. Anda hanya perlu mengelap tubuh bayi dengan mengunakan washlap yang telah dibasahi dengan air hangat agar si kecil merasa nyaman. Baru setelah tali pusar sudah benar-benar putus, Anda dapat memandikannya di dalam bak berisi air hangat dan Anda juga dapat memakai sabun bayi untuk membersihkannya dengan maksimal.

Mengganti Popok Bayi

Hal lain yang juga dianggap sulit dalam proses perawatan bayi baru lahir adalah mengganti popok bayi. Pada umumnya, bayi yang sejak lahir diberi ASI tidak akan sering buang air kecil maupun besar. Namun pada bayi yang sejak lahir diberi asupan dari susu formula, mereka akan sering pipis ataupun buang air besar. Bahkan mungkin Anda harus mengganti pokok 10 kali sehari gara-gara si kecil sering buang air.

Dalam memilih popok, hendaknya Anda memilih popok bayi yang telah teruji secara klinis aman digunakan oleh bayi. Pilihlah popok yang dapat menyerap pipis bayi dengan sempurna agar kulit di sekitar area genital dan juga pantatnya tidak memerah dan mengalami iritasi.

Itulah beberapa hal yang dianggap sulit dalam proses perawatan bayi baru lahir. Memang hal-hal tersebut tidak mudah untuk dilakukan, namun jika Anda mau terus belajar, bukan tidak mungkin Anda akan menguasainya. Untuk mendukung perawatan bayi yang baru lahir, gunakan produk Mitu Baby setiap hari. Terdapat beberapa produk perawatan bayi dari Mitu Baby yang bermanfaat menjaga kesehatan bayi yang baru lahir. Ada Mitu Baby Oil, Mitu Baby Milk Bath, serta Mitu Baby Sensitives Wipes yang sangat aman digunakan untuk buah hati tersayang.

Belum ada Komentar untuk "Beberapa Hal yang Sering Dianggap Sulit dalam Proses Perawatan Bayi Baru Lahir"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel