Tips Berinvestasi Emas Bagi Pemula


Emas menjadi salah satu pilihan tepat digunakan dalam berinvestasi karena dianggap paling aman dibandingkan jenis investasi lainnya. Investasi dalam bentuk emas memiliki risiko sangat rendah sebab nilai emas tetap setabil meski terjadi kenaikan harga atau inflasi.

Selain itu, memiliki nilai yang stabil dalam jangka waktu panjang. Kelebihan lain emas yaitu emas memiliki likuiditas sangat tinggi sehingga dapat dijual dengan cepat sesuai keinginan kita.

Jika anda tertarik ingin berinvestasi emas, sebaik pahami dulu tips-tips cara investasi emas bagi pemula berikut agar anda tidak mengalami kerugian:

1. Tentukan tujuan dan buat perencanaan

Langkah pertama dalam menjalankan investasi emas, anda harus menentukan tujuan dalam berinvestasi emas. Anda harus memiliki tujuan, misalnya berinvestasi emas untuk biaya pernikahan yang dilakukan dalam beberapa tahun ke depan, atau untuk dana pendidikan anak 10 tahun lagi, atau untuk biaya naik haji, dan lainnya.

Dengan memiliki tujuan dan perencanaan yang jelas, Anda bisa melakukan memulai investasi emas untuk mencapai tujuan tersebut.

2. Perhatikan kemampuan finansial

Berinvestasi haruslah dimulai ketika anda memiliki dana lebih. Apabila setiap bulan anda sudah memiliki surplus dalam pemasukan, maka kelebihan dana tersebut dapat anda dialokasikan ke dalam investasi agar berkembang untuk penggunaan masa depan.

Ingat, jangan sampai menggunakan seluruh penghasilan atau bahkan berutang untuk mendapatkan keuntungan dalam berinvestasi. Alangkah baik jika anda sudah memiliki usaha sampingan ketika melakukan investasi emas ini.

3. Perhatikan waktu investasi emas yang tepat

Ketika anda sudah berkeinginan untuk memulai investasi emas, ada baiknya anda setiap waktu memantau harga emas di pasaran. Hal sangat penting agat dapat menentukan waktu terbaik dalam membeli atau menjual emas agar mendapat keuntungan yang optimal.

Waktu yang tepat membeli emas adalah ketika harganya sedang turun dan menjualnya ketika harganya sedang naik. Investasi emas sebaiknya disimpan dalam jangka waktu yang panjang, seperti lebih dari 5 tahun, untuk mendapatkan manfaat optimal.

4. Pilih jenis emas dan tempat yang sesuai

Investasi dalam bentuk logam mulia lebih menguntungkan dan lebih cocok dipakai sebagai simpanan masa depan dibandingkan investasi emas dalam bentuk perhiasan. Kelebihan emas logam mulia adalah memiliki harga jual yang cenderung lebih tinggi.

Selain, harus menentukan jenis emas anda juga harus memilih tempat yang tepat untuk berinvestasi, sebaiknya anda membeli emas ditempat yang sudah memiliki kepercayaan atau rekomendasi dari banyak orang.

Belum ada Komentar untuk "Tips Berinvestasi Emas Bagi Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel