Perlunya Mengelola Keuangan Kita Dengan Baik


Sebagai kaum muda mungkin kebanyakan dari kita akan lebih mudah mengeluarkan uang. Bahkan tak jarang uang dihabiskan hanya untuk menuruti keinginan saja. Dengan stigma “mumpung masih muda” kebanyakan dari kaum muda kurang bisa berfikir panjang dalam masalah pengelolaan uang dan kebutuhan di masa mendatang. Padahal sering kali kita tidak mengetahui apa saja yang akan terjadi di masa mendatang, terlebih di masa mendatang kita mempunyai rencana yang sudah pasti akan dilakukan setiap individu seperti menempuh pendidikan, menikah, memiliki anak, dan lain sebagainya.

Terlepas dari itu salah satu hal yang bisa saja kita hadapi di masa mendatang adalah sakit, sakit tidak bisa kita prediksi kapan datangnya, namun menua adalah suatu hal yang pasti. Untuk itu kita perlu mengelola keuangan kita dengan baik, berikut adalah beberapa langkah yang dapat dilakukan;

Memeriksa kondisi keuangan secara berkala

Usahakan kalian tahu kemana saja uang kalian sudah keluarkan atau akan kalian keluarkan. Memilih mengeluarkan uang untuk hal yang lebih prioritas akan sangat banyak membantu kalian di masa mendatang meskipun tanpa kalian sadari. Untuk itu boleh saja jika ingin sedikit memanjakan diri, namun harus tetap ingat akan prioritas utama masa kini dan kebutuhan masa mendatang

Menyisihkan uang sebagai dana darurat

Dalam setiap kalian diberi kesempatan untuk memiliki uang, missal pada saat kalian menerima gaji atau penghasilan, maka usahakan menyisihkan sedikit uang yang nantinya hanya akan kalian gunakan untuk kepentingan darurat saja, hal ini juga sangat penting untuk dilakukan untuk berjaga-jaga pada keadaan darurat.

Melakukan asuransi

Asuransi merupakan hal yang cukup perlu untuk dilakukan, karena dengan asuransi beberapa periode kehidupan kita akan terjamin, misalkan asuransi jiwa, asuransi, pendidikan, dan asuransi kesehatan. Kalian hanya perlu memilih lembaga asuransi yang aman saja untuk mencegah dari kerugian. Salah satu lembaga asuransi yang bisa kalian pilih adalah axa direct.

Melakukan investasi

Investasi juga cukup penting untuk kalian lakukan, disamping sebagai pemasukan jaga-jaga dimasa depan, investasi juga akan dapat menguntungkan hasilnya. Namun pilih cara dan tempat berinvestasi yang tepat dan amanah.

Belum ada Komentar untuk "Perlunya Mengelola Keuangan Kita Dengan Baik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel