Waspada Kenaikan Gula Darah Menyebabkan Neuropati Diabetes

Waspada Kenaikan Gula Darah Menyebabkan Neuropati Diabetes

Anda mungkin sudah tidak asing dengan penyakit diabetes. Penyakit ini terjadi karena kadar gula darah yang tinggi serta bisa menyebabkan komplikasi jika tidak ditangani dengan baik, salah satunya menderita neuropati diabetes. Secara garis besarnya, diabetes ada 2 klasifikasi yaitu diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2.

Diabetes tipe 1 terjadi akibat produksi insulin berkurang karena sistem kekebalan tubuh menyerang serta menghancurkan sel beta di pankreas. Sedangkan diabetes tipe 2 akibat dari sel beta pankreas tidak mampu memproduksi insulin pada jumlah yang cukup.

Dampak Diabetes Pada Kesehatan Saraf

Neuropati diabetes adalah kondisi dimana kerusakan saraf terjadi akibat diabetes karena kadar gula darah yang kronis. Dampak neuropati diabetik bisa memberikan efek kehilangan indra perasa, kaku hingga terasa sakit pada bagian kaki, jari dan lengan.

Tingginya kadar gula ini menyebabkan sistem saraf menjadi rusak sehingga tidak bisa memberikan signal antara otak serta bagian tubuh lainnya. Penderita neuropati diabetes jadi tidak dapat merasakan dingin, panas ataupun sakit pada bagian kaki, tangan ataupun lengan. Bahkan penderita juga tidak mampu menyadari adanya luka ataupun lebam pada kakinya.

Kondisi mati rasa ini, apabila tidak ditangani dengan baik bisa semakin meluas, menimbulkan infeksi hingga kematian pada jaringan. Maka dari itu, jika Anda menyadari beberapa kondisi seperti adanya luka di kaki yang tak kunjung sembuh, nyeri di tangan/ kaki, gangguan BAK dan BAB dan penurunan libido segeralah memeriksakan diri ke dokter.

Mencegah Neuropati Diabetes

Neuropati diabetik bisa sembuh salah satunya dengan minum vitamin B1, B6 dan vitamin B12. Vitamin tersebut dapat berkontribusi pada kesehatan saraf dengan membantu penghantaran impuls menuju saraf tepi serta dapat membantu produksi mielin yang merupakan lapisan pelindung saraf.

Sedangkan vitamin B6 sangat penting dalam menjaga sistem saraf, perkembangan otak serta menjaga sistem kekebalan tubuh. Selain rutin minum vitamin B, sembuh dari neuropati juga harus dilakukan dengan menerapkan pola hidup sehat.

Hindari makanan yang mengandung kadar gula, lemak maupun karbohidrat tingi. Lalu lakukanlah olahraga agar kesehatan dan kebugaran tubuh tetap terjaga. Apabila gejala neuropati diabetes sudah terjadi, segera periksakan diri ke dokter.

Belum ada Komentar untuk "Waspada Kenaikan Gula Darah Menyebabkan Neuropati Diabetes"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel