Begini Cara UNICEF Kelola dan Alokasikan Dana dari Situs Donasinya


Bencana alam hingga pandemi seperti wabah Covid-19 tak hanya berpengaruh pada orang dewasa. Anak-anak adalah kelompok usia yang tak kalah rentan mengalami dampak serius. Entah tertular penyakit atau menjadi yatim piatu karena orangtuanya meninggal akibat kedua hal tersebut. Dalam hal ini, UNICEF membuka situs donasi untuk memudahkan sumbangan dana secara online.

Meski donasi online menawarkan berbagai keunggulan, dari segi kepraktisan hingga jangkauan luas, rupanya masih banyak orang yang ragu untuk melakukannya. Salah satu alasan yang mendasarinya adalah transparansi dana yang mereka cemaskan bakal disalahgunakan pihak yang menggalangnya.

Transparansi dan alokasi dana di UNICEF

Berpengalaman selama enam dekade lebih dalam mengatasi kesulitan yang dihadapi anak-anak tak membuat UNICEF asal-asalan saat membuka penggalangan dana. Sadar akan statusnya sebagai salah satu lembaga non-profit di bidang kemanusiaan, UNICEF, termasuk yang berdiri di Indonesia, terus berupaya transparan dalam mengalokasikan dana.

Hal tersebut dapat Anda lihat pada situs donasi online Indonesia yang UNICEF sediakan. Dalam daftar Frequently Asked Questions, mereka menjelaskan jumlah dana yang dialokasikan untuk anak-anak dengan rincian sebagai berikut (per 2019):

Dari setiap Rp100.000 yang masyarakat donasikan:

  • Sekitar Rp72.000 digunakan langsung untuk program anak;
  • Sekitar Rp5.000 yang dipakai untuk kegiatan operasional UNICEF di Indonesia (administrasi, tenaga kerja, dan lain sebagainya);
  • Sekitar Rp23.000 diinvestasikan kembali untuk penggalangan dana dan Rp100.000 berikutnya diberikan untuk anak-anak Indonesia. Dengan kata lain, donasi dari Anda turut membantu pengumpulan dana yang lebih banyak.

Ke mana harus berdonasi kalau memilih UNICEF?

Seperti yang disinggung, UNICEF sudah menyediakan donasi online di situs resminya. Terdapat dua jenis penggalangan dana yang ditawarkan yakni donasi bulanan dan donasi sekali. Keduanya pun memungut dana dari Rp200.000 dengan berbagai metode pembayaran yang memudahkan Anda mengirimkan dana.

Dengan gambaran alokasi dana di atas, Anda pun bisa menghitung sendiri uang yang benar-benar sampai ke tangan anak-anak. Jadi, jangan ragu lagi untuk memulai kebaikan melalui situs donasi yang dikelola UNICEF.

Belum ada Komentar untuk "Begini Cara UNICEF Kelola dan Alokasikan Dana dari Situs Donasinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel