Mengenal Lebih Dalam Tentang Assessment Center


Guna mengetahui apakah sebuah Sumber Daya Manusia atau karyawan terus mengalami perkembangan ataukah tidak, maka akan dilakukan tindakan penilaian atau yang disebut juga sebagai assessment. Sekarang ini assessment center juga dapat dipercayakan kepada lembaga lain, banyak diantara perusahaan yang menyediakan layanan tersebut. Sehingga nantinya perusahaan tersebut bisa mendapatkan penilaian dan hasil yang diterima sesuai dengan kriteria yang diberikan.

Assessment ini sebenarnya merupakan sebuah metode yang berbasis kompetensi, di desain sesuai dengan standar internasional. Dimana dalam prosesnya tersebut akan digunakan untuk menilai keterampilan, pengetahuan serta kemampuan seorang individu. Bahkan penilaian dengan menggunakan assessment ini sebenarnya tak cukup dilakukan hanya sekali, melainkan rutin selama beberapa tahun sekali untuk kegiatan pembaharuan.

Banyak mungkin yang belum terlalu mengenal tentang assessment center ini, untuk itu maka berikut ini diantaranya beberapa hal yang patut untuk diketahui, yaitu:

  1. Menggunakan beragam metodologi, di dalam penerapannya sendiri sebenarnya assessment ini merupakan sebuah kegiatan yang dilakukan dengan menerapkan beragam metodologi, menggunakan simulasi, teknik sampai dengan penerapan beragam jenis tes. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya bias. Akan ada sejumlah instrumen yang dipakai dalam penerapannya.
  2. Terdiri dari beberapa assessor, nantinya juga akan ada tim penilai atau yang dikenal juga sebagai assessor, keterlibatan dari banyak assessor ini bertujuan agar nantinya hasil yang didapatkan juga bisa lebih obyektif dan mengurangi terjadinya bias. Sehingga memang tidak cukup hanya dengan mengandalkan satu orang penilai saja, melainkan dibutuhkan lebih dari itu, guna mendapatkan hasil yang sesuai dengan kebutuhan.
  3. Melibatkan beberapa peserta, tidak hanya satu orang peserta saja yang nyatanya akan mengikuti kegiatan penilaian ini, melainkan akan ada beberapa orang peserta. Bahkan dalam sebuah perusahaan sendiri terkadang karyawan yang mengikuti kegiatan assessment ini juga tidak sekedar satu dua orang saja, melainkan sampai puluhan, sehingga membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Ditambah lagi untuk mempercepat terkadang juga dibutuhkan peran assessment berbasis teknologi.
  4. Adanya umpan balik, hal lainnya yang juga patut untuk diketahui bahwa dalam kegiatan assessment ini juga harus terdapat feedback atau umpan balik yang berguna di dalam pengembangan kompetensi peserta juga sumbangan berharga untuk meningkatkan mutu atau kualitas dari SDM tersebut.

Dengan adanya assessment center ini nantinya juga ada banyak manfaat yang dapat dirasakan, diantaranya adalah:

  1. Dapat memperoleh kriteria yang jelas bagi karyawan untuk menempati jabatan-jabatan tertentu, dilakukan untuk persiapan mengisi jabatan, karena bagaimanapun dari waktu ke waktu akan ada rolling jabatan dari yang lama dan sudah pensiun, posisi akan diisi dengan yang baru.
  2. Dapat digunakan untuk menganalisis karakteristik setiap SDM, termasuk diantaranya adalah potensi serta kelemahan yang mereka miliki, sehingga nantinya bisa terus dikembangkan menjadi lebih baik.
  3. Mengidentifikasi kebutuhan akan pengembangan karyawan, melihat potensi dan juga kelemahan, nantinya perusahaan juga dapat memilihkan setidaknya jenis pelatihan seperti apakah yang paling bagus untuk mereka ikuti.

Percayakan kegiatan assessment ini hanya kepada lembaga yang sudah berpengalaman, sehingga nantinya bisa mendapatkan hasil terbaik, seperti dari Prasmul-ELI, tentunya tak asing dengan nama yang satu ini, pengalamannya di bidang pelatihan serta pengembangan SDM sudah cukup lama hingga puluhan tahun. Kelas atau program pelatihan yang dimilikinya sendiri banyak dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan, bisa langsung cek pilihannya di website resmi dari Prasmul-ELI ini.

Sumber Bacaan: https://prasmul-eli.co/id/programs/public-assessment-center-Programs 

Belum ada Komentar untuk "Mengenal Lebih Dalam Tentang Assessment Center"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel