10 Hal yang Pengaruhi Kualitas Kesehatan Keluarga


Menurut ahli kesehatan, orang yang sehat baik secara jasmani maupun rohani, umumnya datang dari latar belakang keluarga yang harmonis. Itulah yang menjadi landasan kenapa program kesehatan keluarga wajib Anda aplikasikan sehari-hari. Pastikan pula Anda dan keluarga memiliki asuransi kesehatan keluarga yang terjamin.

Patokan keluarga sehat adalah seluruh anggota keluarga harus sehat baik secara fisik, sosial, dan psikologis. Artinya kesehatan keluarga harus merata mulai dari orangtua hingga anak-anak.

Apa Saja Faktor yang Menentukan Kesehatan Keluarga?

Ada banyak faktor yang menentukan tingkat kesehatan seluruh anggota keluarga. Untuk menambah wawasan Anda terkait materi kesehatan keluarga, berikut sudah kami rangkum apa saja faktor-faktor tersebut.

1. Akses Fasilitas Kesehatan Mudah Dijangkau

Faktor pertama yang memengaruhi kesehatan keluarga adalah kemudahan akses fasilitas kesehatan. Artinya ada fasilitas kesehatan yang dekat dengan rumah Anda baik itu klinik, puskesmas, maupun rumah sakit.

Semakin dekat dengan fasilitas kesehatan, maka akan semakin mudah untuk mendapatkan pertolongan medis. Masalah kesehatan keluarga akan cepat ditangani jika rumah Anda dekat dengan fasilitas kesehatan.

Anda juga bisa membuat jadwal medical check up hingga imunisasi anak secara teratur jika fasilitas kesehatan mudah Anda jangkau.

2. Pengaruh Faktor Lingkungan

Bukan hanya dari faktor akses fasilitas kesehatan saja, lingkungan juga berperan penting untuk kesehatan seluruh anggota keluarga. Contohnya lingkungan yang bersih akan meningkatkan kesehatan masyarakat yang bertempat tinggal di daerah tersebut.

Contoh lingkungan yang tidak sehat yaitu lingkungan yang memiliki sanitasi buruk. Hal tersebut dapat menyebabkan tingkat kesehatan masyarakat yang tinggal di sekitar juga rendah. Lingkungan yang bersih akan memengaruhi tingkat kesehatan semua anggota keluarga Anda.

3. Faktor Perilaku Diri Sendiri

Selain faktor akses fasilitas kesehatan dan lingkungan, perilaku diri sendiri pun berpengaruh terhadap kesehatan. Contohnya perilaku yang jauh dari pola hidup sehat yang berdampak pada penurunan kesehatan tubuh.

Pemilihan makanan, keputusan untuk berolahraga, hingga pola hidup sangat penting untuk diperhatikan. Semua hal tersebut hanya akan terwujud dari diri sendiri. Mulailah terapkan cara menjaga kesehatan dari hal-hal yang sederhana, misalnya seperti membiasakan diri mencuci tangan sebelum dan sesudah makan.

4. Faktor Kesehatan Dipengaruhi oleh Bentuk Keluarga

Ada dua jenis bentuk keluarga yang ada di Indonesia. Pertama yaitu bentuk keluarga inti atau nuclear family dan kedua yaitu keluarga campuran atau extended family.

Nuclear family terdiri dari ayah, ibu, dan anak kandung. Sedangkan extended family terdiri dari campuran ayah, ibu, anak kandung, dan sanak saudara baik menurut garis horizontal maupun vertikal dari ayah maupun ibu.

Pada nuclear family atau keluarga inti, fasilitas umum untuk menunjang kesehatan akan lebih mudah untuk Anda alokasikan. Selain itu, pembiayaan pun tergolong lebih murah dibandingkan dengan keluarga campuran.

Extended family bahkan lebih rentan terhadap gangguan kesehatan. Karena biasanya semakin banyak anggota keluarga, maka akan semakin sulit untuk mengatur pola hidup sehat untuk masing-masing anggota keluarga.

5. Status Ekonomi dan Cara Memanajemen Keuangan

Kesehatan keluarga erat kaitannya dengan ekonomi dan manajemen keuangan. Pasalnya, untuk melakukan medical check up, pengobatan hingga perawatan memerlukan biaya yang bervariatif.

Status ekonomi yang baik akan menentukan ketersediaan kebutuhan dasar, termasuk untuk biaya kesehatan. Namun, status ekonomi yang baik juga harus Anda tunjang dengan manajemen keuangan yang baik.

Artinya, status ekonomi dan manajemen keuangan adalah dua hal yang tidak boleh dipisahkan. Contoh manajemen keuangan untuk kesehatan yaitu seperti membeli asuransi kesehatan untuk keluarga.

6. Faktor Keharmonisan Keluarga

Perlu Anda ketahui, keharmonisan keluarga juga berpengaruh terhadap kesehatan. Keluarga yang harmonis juga akan mencerminkan keluarga yang penuh dengan kasih sayang. Keharmonisan keluarga berpengaruh terhadap kesehatan psikologis semua anggota keluarga, khususnya anak-anak.

Contoh keluarga yang tidak harmonis kerap terjadi pertengkaran yang disaksikan oleh anak-anaknya. Atau dalam kasus yang paling berat seperti terjadinya kekerasan dalam rumah tangga.

7. Tingkat Pendidikan Ibu sebagai Penggerak Keluarga

Pertama-tama, yang kami maksud pendidikan di sini adalah tingkat edukasi kesehatan ibu yang menjadi roda penggerak keluarga. Seorang ibu harus tahu banyak hal tentang cara menjaga kesehatan keluarga.

Seorang ibu harus memiliki wawasan yang luas tentang banyak hal, khususnya terkait masalah kesehatan. Contohnya seperti mengolah makanan sehat untuk keluarga, memastikan kebersihan rumah tetap terjaga, dan lainnya.

Selain itu, peranan ibu rumah tangga juga sangat besar untuk kesehatan anak. Salah satu contohnya yaitu membawa si kecil untuk imunisasi sesuai jadwal. Selain itu juga harus siap memberikan pertolongan pertama pada anggota keluarga yang sakit.

Pendidikan tentang edukasi kesehatan keluarga adalah hal yang wajib dipahami oleh setiap ibu rumah tangga.

8. Bersosialisasi Namun Tetap Memiliki Kontrol Sosial

Pada dasarnya, manusia adalah makhluk sosial. Setiap orang butuh bersosialisasi dengan orang lain. Menurut ahli kesehatan, keluarga yang cenderung menutup diri dan menyendiri mudah mengalami depresi bahkan gangguan jiwa.

Bersosialisasi bagus untuk kesehatan rohani. Meski begitu, Anda tetap harus memiliki kontrol sosial agar pergaulan tetap sehat.

9. Punya Rasa Aman dan Damai

Rasa damai dan juga aman akan memberikan rasa tenang bagi setiap orang. Keluarga yang punya rasa aman dan juga aman biasanya hanya bisa diperoleh dengan cara bersyukur. Selain itu, rasa aman dan damai juga dipengaruhi oleh keyakinan dan keimanan yang dianut oleh setiap keluarga.

Untuk mengetahui sejauh mana tingkat rasa aman dan damai di keluarga Anda silahkan introspeksi diri. Hal ini sangat penting karena sesuai dengan pepatah “di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa  yang kuat.

10.  Kesehatan dari Faktor Keturunan

Perlu Anda ketahui, keturunan juga bisa menjadi salah satu faktor penting dalam kesehatan. Pasalnya ada beberapa jenis penyakit yang diturunkan secara genetik baik dari ayah, ibu, hingga kakek dan nenek.

Penyakit yang disebabkan oleh faktor genetik ini tergolong sulit untuk bisa Anda hindari. Namun bukan berarti tidak bisa Anda cegah. Maka dari itu, kenali terlebih dahulu apakah keluarga Anda punya potensi penyakit genetik atau tidak?

Silahkan Anda cek riwayat penyakit seluruh anggota keluarga. Dengan begitu, Anda bisa menerapkan pola hidup sehat sesuai dengan potensi penyakit genetik yang mengintai.

Tips Menjaga Kesehatan Keluarga

Selain mengenal apa saja faktor yang dapat menentukan kesehatan keluarga, kenali juga tips untuk menjaga kesehatan keluarga berikut untuk mencegah berbagai jenis penyakit ringan maupun berat.

1. Mengajak dan Membuat Jadwal Berolahraga

Mulailah dengan membuat jadwal rutin berolahraga bersama keluarga. Silahkan sesuaikan jenis dan juga tingkat kesulitan olahraga yang akan Anda pilih bersama keluarga. Ada banyak jenis olahraga yang bisa Anda pilih, mulai dari jogging lari, hingga bersepeda.

Manfaat lari dan olahraga lainnya tidak hanya bagus untuk stamina tubuh. Aktivitas olahraga yang Anda lakukan bersama keluarga secara rutin juga bisa meningkatkan imun agar tidak mudah terserang oleh penyakit.

Selain itu, Anda juga bisa mengajak anak-anak untuk beraktivitas di dalam rumah seperti membersihkan rumah di akhir pekan.

2. Mengolah Makanan Sendiri di Rumah

Ada banyak jenis jajanan dan makanan yang ada di luar rumah. Namun sayangnya, tidak semua jajanan dan makanan yang tersedia di luar rumah adalah makanan-makanan yang bernutrisi dan bagus untuk kesehatan keluarga Anda.

Maka dari itu, mulailah untuk belajar bagaimana cara mengolah makanan untuk Anda dan keluarga tercinta. Biasakanlah keluarga Anda, khususnya anak-anak suka memakan makanan buatan rumah.

Makanan yang Anda masak sendiri bisa jauh lebih sehat dibandingkan dengan makanan dan jajanan yang ada di luar sana. Silahkan pilih berbagai bahan-bahan makanan bergizi untuk meningkatkan kesehatan keluarga.

Di sisi lain, mengolah makanan sendiri di rumah ternyata bagus untuk keharmonisan rumah tangga. Terutama jika makanan tersebut disantap bersama-sama keluarga agar meningkatkan kehangatan suasana di rumah.

3. Jangan Lupa Menjaga Kebersihan

Lingkungan rumah dapat memengaruhi kesehatan Anda dan juga keluarga tercinta. Salah satunya yaitu lingkungan yang kotor, khususnya lingkungan di sekitar rumah maupun di dalam rumah.

Maka dari itu, usahakanlah untuk menjaga kebersihan lingkungan di sekitar rumah dan juga di dalam rumah. Selain itu, jangan lupa juga untuk menjaga kebersihan diri mulai dari menggosok gigi, mandi, dan lainnya.

Ganti seprai yang biasa Anda gunakan secara berkala. Selain itu, jangan keseringan menumpuk baju yang kotor, usahakan untuk segera mencucinya. Hal-hal tersebut akan mengundang penyakit pada keluarga Anda.

4. Perbaiki Kualitas Tidur

Mulailah untuk menanamkan bahwa istirahat itu penting, terutama di malam hari. Istirahat yang cukup akan membantu tubuh agar tetap fit dan sehat ketika melakukan aktivitas di pagi dan siang hari.

Sebaliknya, kualitas istirahat atau tidur yang kurang baik akan membuat tubuh justru malah terasa lelah. Tubuh akan merasa tidak fit dan tidak segar saat melakukan aktivitas sehari-hari.

Menjaga istirahat merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas kesehatan keluarga. Jika mengalami masalah sulit tidur atau insomnia akut, silahkan periksakan diri Anda atau anggota keluarga ke dokter terdekat.

5. Membangun Komunikasi yang Sehat dengan Keluarga

Membangun komunikasi yang baik dan sehat sejatinya bisa Anda mulai dari keluarga. Hal tersebut akan memberikan manfaat yang besar untuk psikis keluarga Anda. Pasangan atau keluarga yang intens berkomunikasi dengan baik akan saling percaya satu sama lain.

Komunikasi yang baik juga tidak hanya sebatas dengan pasangan saja. Anda juga harus membangun komunikasi yang baik dengan anak-anak karena dapat berdampak positif pada mental si kecil.

Anak-anak akan merasa diperhatikan, didengarkan, dan juga dipercaya. Maka dari itu, mulailah untuk membangun komunikasi bersama keluarga dari sekarang.

Pentingnya Asuransi Kesehatan untuk Keluarga Tercinta

Seperti yang kami singgung sebelumnya, manajemen keuangan juga berpengaruh terhadap faktor kesehatan keluarga. Untuk membantu memanajemen keuangan Anda, maka sebaiknya pilihlah asuransi kesehatan untuk keluarga.

Produk asuransi Allianz Life Indonesia bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk perlindungan kesehatan Anda dan keluarga. Allianz Life Indonesia memiliki keunggulan opsi plan wilayah pertanggungan dan juga manfaat opsional yang sangat beragam. Artinya Anda bisa menyesuaikan pertanggungan dengan kebutuhan.

Salah satu produk asuransi kesehatan keluarga yang cocok untuk keluarga adalah SmartMed Premier dari Allianz Life Indonesia. Produk ini memberikan perlindungan menyeluruh untuk Anda dan semua anggota keluarga.

Itulah hal-hal yang penting untuk Anda ketahui terkait berbagai faktor yang dapat memengaruhi kesehatan keluarga. Yuk, mulai jalankan program kesehatan keluarga dengan asuransi kesehatan Allianz Life Indonesia.

 

Asuransi Kesehatan | Asuransi Kesehatan Keluarga | Asuransi Kesehatan Cashless | Asuransi Jiwa | Manfaat Asuransi Jiwa | Asuransi Jiwa Syariah | Asuransi Syariah | Asuransi Kesehatan Syariah | Produk Asuransi Syariah | Premi Asuransi Kesehatan | Daftar Rumah Sakit | Manfaat Lari | Asuransi Syariah di Indonesia | Cara Menjaga Kesehatan | Polis Asuransi



Allianz Life Indonesia

World Trade Centre 3, Lantai 10-15 

Jl. Jenderal Sudirman, RT.8/RW.3, Kuningan, Karet, Kecamatan Setiabudi, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12920

+622129268888 / ContactUs@allianz.co.id

 

Google Maps:


 

FAQ:

  1. Apa saja hal yang memengaruhi kualitas kesehatan keluarga?

Jawab: Ada banyak hal yang mampu memengaruhi kualitas kesehatan keluarga, baik yang berasal dari luar maupun dari dalam diri masing-masing anggota keluarga, antara lain: akses fasilitas kesehatan mudah dijangkau, pengaruh faktor lingkungan, faktor perilaku diri sendiri, status ekonomi dan manajemen keuangan, faktor keharmonisan keluarga, hingga kesehatan dari faktor keturunan.

  1. Apa saja cara-cara yang bisa dilakukan untuk memastikan kesehatan diri serta keluarga terjamin?

Jawab: Untuk menjaga kesehatan diri dan keluarga, setidaknya ada beberapa hal yang harus dilakukan, antara lain: rutin membuat jadwal olahraga dan mengajak setiap anggota keluarga untuk berolahraga bersama, mengolah makanan sendiri di rumah, jangan lupa menjaga kebersihan, perbaiki kualitas tidur, membangun komunikasi yang sehat dengan keluarga.

  1. Mengapa asuransi kesehatan sangat penting untuk menjaga kesehatan keluarga?

Jawab: Asuransi kesehatan berguna untuk menjaga kesehatan keluarga bahkan berpengaruh bagi manajemen keuangan. Untuk membantu memanajemen keuangan Anda, maka sebaiknya pilihlah asuransi kesehatan untuk keluarga. Salah satu produk asuransi kesehatan keluarga yang cocok untuk keluarga adalah SmartMed Premier dari Allianz Life Indonesia. Produk ini memberikan perlindungan menyeluruh untuk Anda dan semua anggota keluarga.

Belum ada Komentar untuk "10 Hal yang Pengaruhi Kualitas Kesehatan Keluarga"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel