Sebelum Identifikasi Penyebab Kanker Payudara Stadium I, Kenali Dulu 4 Tandanya!



Kabar Nunung yang divonis menderita kanker payudara stadium I merupakan pengingat bahwa penyakit ini termasuk silent killer yang tak boleh diremehkan. Mengidentifikasi penyakit ini tak sulit kalau Anda rutin memeriksakan diri. Selain itu, mengetahui penyebab kanker payudara membantu Anda untuk segera mengambil tindakan.

Kanker payudara stadium I memang nyaris tak menunjukkan gejala. Namun, ada beberapa tanda yang dapat Anda waspadai berikut ini:

1. Muncul benjolan di payudara


Benjolan merupakan gejala paling umum yang ditemukan pada kanker payudara. Akan tetapi, tak semua benjolan payudara bersifat membahayakan. Pada benjolan yang muncul akibat kanker, rata-rata ukurannya adalah 2 cm atau kurang dan tak menimbulkan rasa sakit. Jika ragu, Anda dapat memastikannya dengan bantuan dokter.

2. Perubahan pada warna kulit payudara

Perubahan warna pada kulit payudara sering kali diabaikan. Banyak perempuan yang menganggap hal tersebut disebabkan infeksi. Kenyataannya, tanda ini bisa saja ditimbulkan ada sel-sel kanker yang sedang berkembang. Apabila diabaikan, kulit payudara bakal teriritasi, teksturnya menyerupai kulit jeruk, hingga menebal.

3. Sakit dan perubahan bentuk puting


Sejumlah penyuluhan kanker payudara pun mengingatkan perempuan untuk mengawasi bentuk puting. Salah satu perubahan bentuk puting yang perlu diwaspadai adalah ketika kondisi puting yang tadinya keluar berubah menjadi tertarik masuk ke dalam payudara

4. Kemunculan benjolan di ketiak


Tanda-tanda kanker payudara ternyata dapat muncul di bagian lain, salah satunya di bawah ketiak. Yang perlu diketahui bahwa kanker payudara akan melakukan penyebaran pertama kali ke arah kelenjar getah bening ketiak. Jadi, jangan abaikan tanda ini apabila Anda menemukannya.


Untuk meningkatkan kesadaran akan kanker payudara, Anda pun sebaiknya mencari informasi dari sumber terpercaya seperti MammaSIP. Melalui website resminya, mereka membagikan berbagai fakta hingga langkah-langkah yang sebaiknya dilakukan untuk mengidentifikasi kanker. Orang-orang yang mengurusnya pun merupakan dokter dan ahli di masing-masing bidang.

Belum ada Komentar untuk "Sebelum Identifikasi Penyebab Kanker Payudara Stadium I, Kenali Dulu 4 Tandanya!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel