3 Tips Berhemat Untuk Mempersiapkan Masa Depan Anda


Meski memiliki segudang kelebihan dibanding generasi sebelumnya, namun kaum milenial juga identik dengan kurang mampu mengatur keuangan pribadinya. Bahkan mereka cenderung boros dan tak bisa menyisihkan uang untuk masa depannya. Bahkan dari sebuah survey ditemukan jika kaum milenial lebih memilih untuk travelling dibanding membeli  hunian.

Jika gaya hidup seperti ini tak kunjung diubah lalu bagaimana nasib masa depan kaum milenial? Jangan sampai “bersenang-senang” jadi alasan Anda untuk tidak memikirkan masa depan. Mulailah untuk berhemat dan mempersiapkan kehidupan yang lebih baik dan nyaman.

Nah berikut ini adalah beberapa tips berhemat yang bisa Anda coba untuk mempersiapkan masa depan Anda.

Terapkan Peraturan Untuk Mencegah Pembelian Impulsif

Salah satu faktor yang membuat Anda selalu boros adalah pembelian produk impulsif. Perilaku ini sangat tidak dianjurkan karena hanya akan membuang uang Anda tanpa memberikan manfaat.
Cobalah untuk berpikir berulang kali sebelum Anda membeli suatu barang. Pikirkan kembali manfaat yang Anda dapatkan jika membeli produk tersebut. Jika tidak bermanfaat dan tak dibutuhkan, sebaiknya hindari dan alihkan pada produk yang lebih dibutuhkan.

Mulai Gunakan Anggaran

Beberapa diantara Anda mungkin kerap bingung, kemana perginya uang-uang yang Anda dapatkan. Kondisi seperti ini biasanya terjadi ketika Anda tidak memiliki anggaran keuangan yang jelas.

Mulai saat ini, Anda bisa menggunakan anggaran. Cari tahun berapa penghasilan Anda setiap bulannya. Kemudian buat list pengeluaran dan juga keinginan/permintaan yang harus Anda penuhi.

Pembagian penghasilan pada pengeluaran yang pokok, semisal pembayaran tagihan, dan pembelian kebutuhan pokok juga harus dilakukan agar stabilitas keuangan Anda tetap terjaga.

Buat Rekening Bank Terpisah

Anda bisa membuat setidaknya 2 rekening bank yang fungsinya untuk mengontrol pengeluaran. Satu rekening digunakan untuk menabung dan satu rekening lainnya digunakan untuk melakukan berbagai transaksi.

Untuk rekeningnya tabungan sendiri sebaiknya Anda tak memanfaatkan fasilitas e-banking atau bahkan kartu ATM, sehingga mempersulit Anda jika ingin mengambil tabungan yang seharusnya tak boleh digunakan kecuali pada kondisi genting.

Selain 3 tips berhemat di atas, masih ada banyak tips sederhana lain yang bisa Anda coba semisal dengan mengurangi penggunaan kartu kredit, membiasakan diri menggunakan uang cash dan lain sebagainya.

Belum ada Komentar untuk "3 Tips Berhemat Untuk Mempersiapkan Masa Depan Anda"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel