Mengenal Definisi Manajemen, Fungsi serta unsur-unsurnya


Manajemen adalah sebuah proses untuk mengatur sesuatu yang dilakukan oleh sekelompok orang atau organisasi untuk mencapai tujuan organisasi tersebut dengan cara bekerja sama memanfaatkan sumber daya yang dimiliki. Bisa dibilang, manajemen adalah hal yang mutlak bagi setiap organisasi baik pemerintah, swasta, nir-laba, dan masyarakat. Contoh simpel nya adalah ketika anda mengatur sejumlah karyawan Cleaning Service pada perusahaan jasa.

Asal mula kata manajemen diambil dari bahasa Perancis kuno yaitu 'menagement' yang artinya seni dalam mengatur dan melaksanakan. Maka dari itu, manajemen juga bisa didefinisikan sebagai usaha perencanaan, pengoordinasian, pengorganisasian, dan pengotrolan sumber daya untuk mencapai sasaran secara efektif dan efisien. Substansi efektif dalam manajemen adalah agar mencapai suatu tujuan sesuai perencanaan dan efisien untuk melaksanakan pekerjaan dengan baik dan rapih.

Menurut salah satu pakar manajemen T. Hani Handoko, terdapat tiga alasan mengapa setiap organisasi memerlukan manajemen:
  1. Agar tujuan pribadi dan organisasi dapat tercapai
  2. Demi menjaga keseimbangan antara tujuan - tujuan, sasaran, dan kegiatan yang saling bertentangan dari pihak yang punya kepentingan dalam organisasi
  3. Mencapai efisiensi dan efektivitas suatu kerja organisasi

Dengan kata lain, berhasil atau tidaknya suatu organisasi dalam mencapai tujuannya tergantung bagaimana manajemen. Untuk itu, organisasi perlu mengetahui sektor mana saja yang paling krusial dan membutuhkan manajemen pada awal pendirian. Setidaknya, organisasi membutuhkan manajemen dalam sektor strategi, sumber daya manusia, produksi, pemasaran, dan manajemen lainnya.

Dalam memahami apa definisi manajemen, hal yang terpenting yaitu organisasi mampu memaksimalkan sumber daya yang ada dimilikinya. Maka dari itu, seorang manajer perlu memahami 5 fungsi utama dalam manajemen:

1. Perencanaan (Planning)

Perencanaan adalah yang paling penting dalam sebuah manajemen bisnis agar menentukan secara keseluruhan tujuan perusahaan dan upaya untuk memenuhi tujuan tersebut.

2. Pengorganisasian (Organizing)

Pengorganisasian yaitu membagi kegiatan besar menjadi beberapa kegiatan kecil atau serangkaian kegiatan. Tujuannya, untuk mempermudah manajer melakukan pengawasan yang lebih efektif dan menentukan sumber daya yang dibutuhkan agar setiap kegiatan yang telah dibagi menjadi lebih efisien. Lebih gampangnya, pengorganisasian tentang menentukan apa yang dikerjakan, siapa yang mengerjakan, dan bagaimana harus dikerjakan.

3. Penempatan (Staffing)

Staffing lebih memperhatikan sumber daya secara umum, antara lain peralatan, perlengkapan, dan inventaris yang ada pada sebuah organisasi.

4. Pengarahan (Directing)

Fungsinya untuk mengupayakan setiap anggota bisnis atau kelompok mampu mencapai sasaran dan target sesuai prosedur manajerial.

5. Pengawasan (Controlling)

Pengawasan berkaitan dalam melakukan evaluasi secara menyeluruh terhadap kinerja sumber daya perusahaan. Dalam hal ini, manajer mengawasi sumber daya yang sudah ada diorganisasi sebelumnya, dan memastikan apa yang dikerjakan sesuai dengan yang direncanakan.

Sebagai contoh dari perusahaan yang memahami arti manajemen dan mengaplikasikannya dengan baik, bisa dilihat bagaimana Halo Jasa menerapkannya dalam menjalankan bisnisnya. Startup digital yang memiliki layanan on demand seperti jasa massage dan Jasa Cleaning Service ini, memiliki sistem pelatihan bersertifikat kepada vendor-vendornya agar pelayanan kepada customer maksimal. Selain itu, Halo Jasa menggandeng customer untuk mengontrol kualitas vendor dan layanannya lewat fitur feedback dan rating dalam aplikasi yang setelah customer mendapatkan jasa. Metode manajemen ini merupakan hasil perencanaan yang matang dari tim Halo Jasa, dengan menempatkan karyawan - karyawannya sesuai kompetensi untuk menciptakan sistem dalam aplikasi dan merancang pelatihan kepada vendor. Bersama customer, Halo Jasa juga mengontrol kualitas kerja dari vendor - vendornya sehingga kualitas layanan bisa terjaga dan mengantisipasi bila ada masalah.

Perlu diketahui bagi manajer dan eksekutif dalam organisasi, memahami apa definisi manajemen, fungsi, dan unsur - unsurnya tidak menjamin organisasi akan berjalan mulus sesuai rencana dan harapan. Prakteknya lebih sulit karena elemen paling penting dalam manajemen adalah mengatur puluhan bahkan ratusan manusia yang memiliki beragam pola pikir, karakter, kelebihan, dan kekurangannya.

Belum ada Komentar untuk "Mengenal Definisi Manajemen, Fungsi serta unsur-unsurnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel